S2 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Tahun Akademik 2025/2026 Ganjil

Matakuliah ini mengkombinasikan kemampuan menganalisis, mensintesis, dan mempresentasikan hasil kajian dan analisis penelitian dalam pembelajaran IPA. Mahasiswa juga menyusun rancangan penelitian pendidikan dan pembelajaran IPA. Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar penelitian; Karakteristik penelitian; Jenis-jenis penelitian; Prosedur penelitian; Sistematika proposal penelitian termasuk PTK; Identifikasi masalah dan menentukan topik penelitian; Variabel dan pengukurannya; Perumusan Hipotesis; Kajian teori dan empiris; analisis jurnal penelitian; Rancangan penelitian; Populasi & sampel; Instrumen; Teknik analisis data dan penarikan kesimpulan. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa dapat menyusun proposal penelitian.

Selamat Datang di Mata Kuliah "Problematika Pembelajaran IPA" – LMS SPADA

Assalamualaikum wr wb

Halo Mahasiswa Magister Pendidikan IPA yang luar biasa! 🌟 Sebelum memulai petualangan akademik selama 16 pertemuan, mari kita bersiap bersama dengan semangat untuk menciptakan solusi nyata dalam pembelajaran IPA.

🎯 Mata Kuliah: Problematika Pembelajaran IPA 📘 Kode: IPA2302 | 📚 SKS: 2 | 📘 Semester: I
👨‍🏫 Dosen Pengampu:

  • Dr. Friska Octavia Rosa, M.Pd.
  • Dr. Dasrieny Pratiwi, M.Pd.

⚙️Deskripsi SIngkat Mata Kuliah⚙️
Mata kuliah IPA Terpadu dirancang untuk membekali mahasiswa magister Pendidikan IPA dalam memahami konsep integrasi ilmu biologi, fisika, kimia, dan ilmu kebumian yang dikontekstualisasikan dengan isu-isu sains terkini dan potensi lokal. Pembelajaran menekankan pendekatan interdisipliner, integrasi TPACK, serta penerapan model pembelajaran berbasis penelitian dan lingkungan. Dengan demikian, mahasiswa mampu mengembangkan rancangan pembelajaran IPA yang inovatif, berkarakter Islami, relevan dengan kebutuhan abad 21, serta berorientasi pada penguatan literasi sains, kreativitas, dan pemecahan masalah secara berkelanjutan.

Matakuliah Publikasi Karya Ilmiah bertujuan membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menghasilkan dan menerbitkan karya ilmiah yang berkualitas. Mahasiswa akan mempelajari langkah-langkah penulisan ilmiah, etika publikasi, format penulisan yang tepat hingga proses publikasi. Matakuliah ini juga akan mengajarkan teknik pengumpulan data dan analisis yang mendalam untuk mendukung ilmiah. Melalui pengajaran interaktif dan diskusi kelompok, mahasiswa akan mengasah kemampuan menulis dan menyusun naskah ilmiah yang jelas, kohesif, dan persuasif. Tujuan utamanya adalah mempersiapkan mahasiswa menjadi peneliti dan kontributor aktif dalam masyarakat ilmiah, serta memahami pentingnya menyebarkan pengetahuan demi kemajuan ilmu pengetahuan alam.

Rancangan perkuliahan Filsafat Sains ini dirancang untuk membantu mahasiswa menggabungkan konsep-konsep filsafat sains dengan contoh-contoh kasus nyata dalam dunia ilmu pengetahuan dan pendidikan IPA. Melalui studi kasus, mahasiswa dapat memahami lebih baik bagaimana konsep-konsep Filsafat Sains menjadi landasan berpikir dalam praktik ilmiah dan kehidupan nyata sehari-hari, sehingga terlihat peran lebih nyata dari Filsafat secara lebih kontekstual


🧬DESKRPSI SINGKAT MATA KULIAH🧬

Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar Bioteknologi; mahasiswa diharapkan mampu menguasai pengetahuan dasar ilmu pengetahuan alam serta dapat mengembangkan dan mengaplikasikannya dalam pembelajaran di sekolah. Bahasan yang akan dipelajari tentang teknik-teknik Bioteknologi (Fermentasi, Analisis Genetik Sel dan Pemuliaan, Analisis DNA, Kultur sel dan Jaringan, Rekayasa Genetik dan Rekombinan), Bioteknologi melekuler, Pertanian GM-Food, Bioteknologi Kelautan dan Akuakultur, Bioteknologi Lingkungan, Bio Proses, Bioteknologi dalam Kedokteran, Beberapa isu penting dalam Bioteknologi.